MASUKKAN KODE SLIDESHOW DI SINI

Kamis, 16 Februari 2017

Penyakit Diabetes Melitus Menurut WHO

Penyakit Diabetes Melitus Menurut WHO

Penyakit Diabetes Melitus Menurut WHO ==> Sebenarnya apakah terdapat perbedaan antara pengertian diabetes melitus menurut WHO dengan pengertian dari para ahli? Tentu jika terdapat perbedaan diantara keduanya akan membuat para penyandang diabetes sendiri merasa kebingungan untuk mengambil tindakan penanganan.

Apa sebenarnya pengertian diabetes melitus menurut WHO

Menurut WHO (World Health Organization) sendiri diabetes merupakan suatu penyakit kronis yang terjadi apabila pankreas todak memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tidak efektif menggunakan hormon insulin yang sudah dihasilkan.
Ketidakmampuan tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar glukosa dalam darah atau yang dikenal dengan hiperglikemia.

Kriteria dari jenis diabetes sendiri juga dapat dibagi berdasarkan penyebab utamanya, seperti:

1.    Diabetes tipe 1 (sebelumnya lebih dikenal sebagai diabetes masa-onset atau diabetes insulin-independent) ditandai dengan kurangnya produksi hormon insulin.
2.    Diabetes tipe 2 (sebelumnya lebih sering disebut sebagai diabetes onset dewasa atau diabetes non-insulin dependent) disebabkan karena penggunaan insulin yang tidak efektif. Hal ini seringkali disebabkan oleh faktor kelebihan berat badan serta aktivitas fisik.
3.    Gestasional diabetes merupakan hiperglikemia yang ditemukan selama masa kehamilan.

Pengertian diabetes melitus berdasarkan pendapat para ahli

Pengertian diabetes melitus menurut para ahli sendiri sebenarnya sama halnya seperti pengertian diabetes yang sudah dijelaskan oleh WHO. Dimana diabetes melitus merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena kadar glukosa tinggi di dalam darah.

Kadar glukosa atau gula sederhana yang tinggi tersebut secara umum disebabkan karena tubuh yang tidak mampu menggunakan atau melepaskan hormon insulin dalam jumlah yang seharusnya.

Dengan begitu, maka anda tidak perlu lagi merasa bingung mengenai pengertian diabetes menurut WHO maupun pengertian yang dijelaskan oleh para ahli. Keduanya memiliki pengertian diabetes sebagai penyakit dengan penyebab utama kadar gula darah tinggi.

Terapi untuk menangani diabetes

Umumnya penanganan diabetes tahap awal dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, baik dari segi konsumsi makanan hingga aktivitas fisik sehari-hari. Akan tetapi jika mengubah gaya hidup ternyata tidak berhasil maka kemudian akan diberikan obat-obatan tertentu.

Pemberian obat tersebut sangat tergantung dengan tipe diabetes yang diderita, sudah berapa lama mengidap penyakit diabetes hingga komplikasi diabetes yang sudah terjadi (ginjal, jantung, kebutaan dan lain sebagainya).

Obat yang digunakan untuk menangani kasus diabetes disebut dengan nama obat hipoglikemik oral (OHO). Obat ini terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu obat yang meningkatkan produksi insulin (sulfonil, natelinid, repaglinid dan insulin) serta obat yang berfungsi untuk memperbaiki kerja insulin.

Sedangkan penanganan menggunakan terapi herbal juga biasanya dijadikan pilihan karena OHO hanya bersifat membantu meringankan sakit diabetes dab justru mengakibatkan ketergantungan.

Cara mengobati gula darah yang saat ini sudah banyak direkomendasikan oleh para dokter ahli adalah Tahitian Noni. Mengandung proxeronine yang dapat mengalahkan diabetes dan bekerja dalam menangani akar penyebab diabetes itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar